• Sabtu, 26 November 2022

Sentra Mie Soun Berskala Nasional, Inilah Potensi Desa Manjung Klaten Dalam Penguatan Ekonomi Masyarakat Desa

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 13:59 WIB
Sentra Mie Soun Berskala Nasional, Inilah Potensi Desa Manjung Klaten Dalam Penguatan Ekonomi Masyarakat Desa (Hanan Risma Atmo Durahman)
Sentra Mie Soun Berskala Nasional, Inilah Potensi Desa Manjung Klaten Dalam Penguatan Ekonomi Masyarakat Desa (Hanan Risma Atmo Durahman)

PANTURA TALK - Desa Manjung merupakan salah satu desa yang menjadi bagian dari Kecamatan Ngawen, Klaten, Jawa Tengah yang menjadi sentra dalam produksi mie soun

Desa Manjung menjadi salah satu daerah di Indonesia dengan mayoritas masyarakat membuat soun, maka tidak salah bahwa desa Manjung dikatakan sebagai sentra industri soun. Pemasaran soun juga sudah meluas ke sejumlah daerah di pulau jawa.

Desa Manjung sudah terkenal dengan produksi soun sejak tahun 1950an yang diwariskan secara turun termurun. Bahan makanan yang terbuat dari tepung pati aren ini terbentuk lurus seperi mie yang berwarna putih dan bertekstur kenyal.

Baca Juga: Mahasiswa Memaknai Kemerdekaan: Berdikari dalam Menentukan Nasib Bangsa Sendiri

Soun memiliki potensi besar untuk dipasarkan ke seluruh Indonesia dan bersaing dengan produk mie jenis lainnya. Pembuatan soun desa Manjung di produksi secara beragam mulai dari industri rumahan hingga berskala besar.

Proses pembuatan soun dimulai sejak pagi sekitar pukul 04.30 WIB yang dimulai dengan mencuci bahan pokok yaitu tepung aren atau pati aren dan ditambah bahan pembantu. 

Adapun cara-cara dalam pembuatan soun : 

pertama-tama pati aren dicuci hingga bersih kemudian pati aren yang sudah dicuci bersih dimasak menggunakan api bersuhu tinggi yang berasal dari pembakaran kayu bakar hingga mengental berwarna putih kemudian di cetak menggunakan mesin khusus dan dijemur hingga kering secara alami menggunakan sinar matahari. 

Pembuatan soun di Desa Manjung sudah menggunakan mesin untuk mencetak bahan baku menjadi soun tetapi selain dari itu masih menggunakan tenaga manusia pada saat pemindahan bahan baku dari tempat pemasakan menuju mesin percetakan soun kemudian di jemur dibawah sinar matahari langsung sehingga produksi soun bergantung pada cuaca.

Halaman:

Editor: Firdaus Buchori

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Spot Menarik Berswafoto di Kawasan Kota Lama Semarang

Kamis, 17 November 2022 | 02:05 WIB

Wisata Malam di Yogyakarta, Selalu Bikin Betah!

Selasa, 19 Juli 2022 | 10:00 WIB

5 Macam Kue Kering Khas Hari Raya Idul Fitri

Kamis, 28 April 2022 | 19:15 WIB

Resep dan Cara Membuat Pastel Isi, Kamu Pasti Suka

Senin, 25 April 2022 | 14:39 WIB

Resep Opor Ayam Kampung, Makanan Khas Saat Lebaran

Minggu, 24 April 2022 | 17:56 WIB

Terpopuler

X