• Minggu, 25 September 2022

Masuknya Agama Islam di Indonesia, Pengaruh Hubungan Perdagangan Kuno

- Sabtu, 10 September 2022 | 10:30 WIB
Ilustrasi Masuknya Agama Islam di Indonesia, Pengaruh Hubungan Perdagangan Kuno (Nu Online)
Ilustrasi Masuknya Agama Islam di Indonesia, Pengaruh Hubungan Perdagangan Kuno (Nu Online)

 

PANTURA TALK - Masuknya agama Islam ke Indonesia dipengaruhi oleh adanya hubungan perdagangan kuno, yang dilakukan oleh bangsa Cina dan India.

Hal demikian mendorong pedagang lainnya seperti pedagang dari Arab, Persia, dan Gujarat untuk ikut serta dalam hubungan perdagangan tersebut. 

Dari hubungan perdagangan tersebut, mereka dapat saling mengenal dagangan yang dibawa oleh masing-masing pedagang yang dapat dilihat dari bahasa, barang dagangan, maupun dari corak hidup.

Baca Juga: Sedih, Sebuah Potret Memilukan Masyarakat Tegal di Masa Agresi Militer Muncul di Instagram

Untuk itu banyak pedagang Arab, Persia, dan Gujarat yang menetap dan menikah dengan penduduk setempat,sehingga budaya dan agama Islam dapat dengan mudah disebarkan di berbagai wilayah Indonesia melalui pendekatan budaya.

Berikut ini adalah jalur penyebaran dan pembawa ajaran Islam, serta alasan Islam dapat diterima dengan mudah di Indonesia atau Nusantara. 

Jalur Penyebaran Islam ke Indonesia

Berdasarkan bukti-bukti yang ada. Islam pertama kali masuk ke Indonesia pada abad ke VII Masehi atau abad ke I Hijriyah, Masuknya Islam ke Indonesia dari Arab melalui dua jalur, yaitu:

1. Jalur utara

Halaman:

Editor: Risqi Fauzan Mustofa

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X