• Minggu, 25 September 2022

Penyebaran Islam di Indonesia, Mulai dari Perdagangan sampai Kesenian

- Sabtu, 4 Juni 2022 | 16:20 WIB
Ilustrasi Pelabuhan sebagai gerbang/pintu masuk para pedagang dan penyebaran Islam. (Pexels.com/Taryn Elliott)
Ilustrasi Pelabuhan sebagai gerbang/pintu masuk para pedagang dan penyebaran Islam. (Pexels.com/Taryn Elliott)

PANTURA TALK - Penyebaran Islam di Indonesia terjadi secara bertahap. Daerah yang pertama mendapat pengaruh Islam adalah daerah Indonesia bagian Barat.

Daerah ini merupakan jalur perdagangan internasional sehingga pengaruh Islam dapat dengan cepat tumbuh disana. Di daerah ini berkembang beberapa pusat kerajaan Islam seperti Samudera Pasai dan Aceh.

Dari sini kemudian Islam menyebar ke kota-kota pelabuhan yang ada di Indonesia Seperti Banten, Jepara, Gresik, Tuban, Makassar, serta Ternate dan Tidore. Ada beberapa cara yang dilakukan dalam menyebarkan Islam di Indonesia, antara lain.

Baca Juga: Masuknya Islam di Indonesia, Makam Sultan Al Malik Ash Shalih Bukti Islam Telah Ada pada Abad ke-13 Masehi

Berikut ini merupakan cara penyebaran Islam di Indonesia, mulai dari perdagangan sampai kesenian.

1. Perdagangan

Perdagangan dan pasar berperan besar dalam penyebaran Islam di Indonesia. Salah satu contoh adalah kampung Pekojan yang ada di komplek Pasar Johar Semarang. (Ayosemarang.com/Audrian Firhannusa)

Kondisi geografis sebagai jalur pelayaran dan perdagangan membuat wilayah Kepulauan Indonesia menjadi daerah pertemuan para pedagang yang tidak hanya orang-orang lokal, tetapi juga bangsa lain seperti Arab, Persia, Cina, dan India. Mereka berdagang sambil juga menyebarkan agama Islam.

Para pedagang tersebut biasanya bermukim atau bertempat tinggal sementara di daerah-daerah sekitar pelabuhan. Hal ini disebabkan mereka harus menunggu perubahan angin pada bulan-bulan tertentu yang memungkinkan mereka kembali ke negeri asalnya. Pada saat bermukim sementara inilah kemudian mereka menyebarkan agama Islam.

Halaman:

Editor: Risqi Fauzan Mustofa

Sumber: MGMP IPS Kab. Tegal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X