• Selasa, 6 Desember 2022

Asal Usul Tradisi dan Simbol Paskah, Salah Satunya Menghias Telur yang Sudah Ada Sejak Abad ke-13

- Minggu, 17 April 2022 | 01:24 WIB
Asal usul tradisi dan simbol paskah, di antaranya menghias telur serta berbagi permen coklat (Pexels/Dziana Hasanbekava)
Asal usul tradisi dan simbol paskah, di antaranya menghias telur serta berbagi permen coklat (Pexels/Dziana Hasanbekava)

PANTURA TALK - Bagi orang Kristen, Paskah adalah perayaan kebangkitan Kristus. Sedang tradisi dan simbol telah berkembang dari waktu ke waktu meskipun beberapa telah ada selama berabad-abad salah satunya menghias telur.

Banyak tradisi Paskah tidak ditemukan dalam Alkitab, seperti simbol tentang kelinci Paskahmenghias telur, serta tradisi yang lainnya.

Tak hanya asal usul kelinci Paskah dan juga menghias telur, berbagi permen Paskah pun menjadi simbol dan tradisi terbesar nomor dua setelah perayaan Halloween di Amerika.

Baca Juga: Kardinah, Adik Kartini yang Punya Jasa Besar di Kota Tegal, Inilah Sejarah Singkatnya 

Berikut ini simbol dan tradisi Paskah yang Pantura Talk himpun dari laman History. Di antaranya asal usul kelinci Paskah dan juga menghias telur yang konon katanya sudah ada sejak abad ke-13.

1. Kelinci Paskah

Alkitab tidak menyebutkan makhluk bertelinga panjang, berekor pendek yang memberikan telur hias kepada anak-anak yang berperilaku baik pada hari Minggu Paskah; namun demikian, kelinci Paskah telah menjadi simbol utama dari hari raya terpenting Kekristenan. 

Asal usul yang tepat dari mamalia mitos ini tidak jelas, tetapi kelinci, yang dikenal sebagai prokreator yang produktif, adalah simbol kuno kesuburan dan kehidupan baru. 

Menurut beberapa sumber, kelinci Paskah pertama kali tiba di Amerika pada tahun 1700-an dengan imigran Jerman yang menetap di Pennsylvania dan membawa tradisi mereka tentang kelinci bertelur yang disebut "Osterhase" atau "Oschter Haws."

Halaman:

Editor: Risqi Fauzan Mustofa

Sumber: history.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dulu Sebuah Gereja, Kini Menjadi Deretan Ruko

Kamis, 17 November 2022 | 01:44 WIB
X