• Selasa, 6 Desember 2022

Kardinah, Adik Kartini yang Punya Jasa Besar di Kota Tegal, Inilah Sejarah Singkatnya

- Jumat, 15 April 2022 | 19:37 WIB
Dari Kiri ke Kanan (Kartini, Kardinah, Rukmini) || Foto by KITLV tahun 1902
Dari Kiri ke Kanan (Kartini, Kardinah, Rukmini) || Foto by KITLV tahun 1902

PANTURA TALK- Siapa yang tak mengenal Kardinah, namanya begitu terkenal sejak dulu kala, bukan hanya karena Kardinah adalah adik kandung dari R.A Kartini, namun kebesaran nama Kardinah juga sangat tersohor di Kota Tegal.

Bagi masyarakat Kota Tegal, nama Kardinah identik dengan nama sebuah Rumah Sakit yang berlokasi di Kota Tegal.

Rumah Sakit Umum Kardinah Tegal didirikan oleh adik kandung RA. Kartini yaitu RA. Kardinah Reksonegoro X pada tahun 1927 dengan biaya pertama f.16.000 dari hasil penjualan buku karya tulisnya, karena harsat untuk menolong rakyat miskin khususnya kaum wanita yang waktu itu belum mendapat pelayanan kesehatan secara layak.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Tarian Sintren dan Lais yang Nyaris Terlupakan

Mengutip dari situs resmi RSUD Kardinah Kota Tegal, rumah sakit ini bermula dari balai pengobatan yang didirikan pada tahun 1927 oleh Raden Ajeng Kardinah.

Raden Ajeng Kardinah adalah istri Bupati Tegal pada masa itu, merupakan sosok yang sangat peduli dengan nasib rakyat, khususnya dalam hal pengobatan yang masih sangat tradisional pada masa tersebut.

Dengan modal awal 16.000 golden hasil penjualan buku karangan beliau berjudul ”Cara Membatik” ditambah bantuan dari Residen Pekalongan, maka didirikanlah Balai Pengobatan yang bertujuan untuk memberikan bantuan pengobatan kepada rakyat yang kurang mampu.

Baca Juga: Kitab Rambang, Jejak Warisan Islam Nusantara dan Budaya Masyarakat Tegal

Pada tahun 1971 setelah Raden Ajeng Kardinah wafat, Balai Pengobatan yang sudah mengalami berbagai peningkatan sarana dan prasarana diserahkan kepada Pemerintah Daerah Tingkat II Kotamadya Tegal dan kemudian berubah menjadi rumah sakit yang kemudian diberi nama Rumah Sakit Umum Kardinah Tegal.

Halaman:

Editor: Risqi Fauzan Mustofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dulu Sebuah Gereja, Kini Menjadi Deretan Ruko

Kamis, 17 November 2022 | 01:44 WIB
X