• Selasa, 31 Januari 2023

Etos Kerja dan Kejeniusan Orang China dalam Berdagang Menurut John Joseph Stockdale

- Kamis, 17 Februari 2022 | 22:41 WIB
Pekerja Tionghoa di Hindia Belanda (KITLV Leiden)
Pekerja Tionghoa di Hindia Belanda (KITLV Leiden)

PANTURA TALK - Seorang penerbit dan jurnalis Inggris bernama John Joseph Stockdale mencatat perjalanannya ke Hindia Belanda. Catatan kemudian diterbitkan dalam bentuk manuskrip pada tahun 1811 dengan judul The Island of Java.

Dalam manuskrip tersebut John Joseph Stockdale menjelaskan tentang kunjungannya ke Jawa. Mengunjungi kerajaan dan kota-kota yang ada di Jawa serta menuliskan kejadian dan pengetahuan yang menarik di setiap tempat yang ia kunjungi.

Tak hanya tentang budaya dan kebiasaan orang Jawa, Jhon Joseph Stockdale mencatat pula tentang orang China atau Tionghoa yang tinggal di Jawa pada abad ke-18.

Baca Juga: Batu Nisan Milik Warga Tionghoa, Jadi Penutup Saluran Parit Pasar Alun Alun Kota Tegal

Ada hal yang menarik dalam catatan Stockdale, yaitu tentang etos kerja orang Tionghoa yang tinggal di Jawa, Lebih tepatnya di Kota Batavia.

Orang Tionghoa dikenal sebagai pedagang yang ulung. Hal itu tak perlu diragukan lagi, kejeniusan orang Tionghoa dalam berdagang menarik perhatian Stockdale untuk menuliskannya.

Menurutnya, beberapa orang Cina di sekitar Batavia melakukan berbagai macam keterampilan dan kerajinan, menjadi tenaga kerja dalam pembangunan rumah dan kapal, dan memperdagangkan setiap jenis perdagangan eceran.

Pasar Glodok tempo dulu, mayoritas pedagang Tionghoa. (Instagram @glodokcity)

Tak hanya itu, Stockdale pun mencatat bahwa, orang China sangat aktif, cekatan dan juga sangat cerdas. Mereka akan merencanakan sebuah rencana meski sulit sekalipun.

Halaman:

Editor: Risqi Fauzan Mustofa

Sumber: The Island of Java

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penampakan Sebuah Situs Bersejarah di Pemakaman Umum

Jumat, 20 Januari 2023 | 17:33 WIB

Peran Tokoh-tokoh Nasional Kemerdekaan Indonesia

Senin, 26 Desember 2022 | 08:23 WIB

Dulu Sebuah Gereja, Kini Menjadi Deretan Ruko

Kamis, 17 November 2022 | 01:44 WIB
X