• Selasa, 6 Desember 2022

Pesona Batik Tegalan Sukses Digelar, Direktur PHB Tegal Berharap Event Berdampak Bagi Perekonomian Masyarakat

- Senin, 7 November 2022 | 11:27 WIB
Bupati Tegal beserta Direktur PHB Kota Tegal dan panitia saat launching Pesona Batik Tegalan. (Abdul Kadir)
Bupati Tegal beserta Direktur PHB Kota Tegal dan panitia saat launching Pesona Batik Tegalan. (Abdul Kadir)

PANTURA TALK- Politeknik Harapan Bersama berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Tegal menggelar Tegalan Batik Festival 2022 bertajuk “Pesona Batik Tegalan Kreasi Kita” di Area Gedung MWC NU Talang.

Festival yang berlangsung pada hari Minggu, 6 November 2022 ini menyuguhkan gelaran Batik dan UMKM Expo, serta Lomba Kreasi Seni dan Fashion Show Batik Tegalan.

Ketua Panitia Iin Indrayanti, M.Pd menjelaskan Tegalan Batik Festival 2022 ini merupakan event batik yang pertama kali dan satu-satunya yang diadakan di wilayah Tegal, agenda ini merupakan kegiatan penelitian tematik dosen Politeknik Harapan Bersama dengan Bappeda Litbang Kabupaten Tegal.

Baca Juga: Gelar Karya P5 Kewirausahaan di SMA Negeri 3 Purwokerto, Siswa Kompak Buka Lapak Kuliner

"Kami selaku akademisi, berupaya meningkatkan nilai ekonomi dan pariwisata dari batik tegalan yang sangat bagus ini agar dapat dikenal dan semakin dicintai oleh seluruh lapisan masyarakat, baik dari usia anak-anak, remaja, dan dewasa, ungkap Ketua Panitia yang juga dosen program studi Desain Komunikasi Visual Politeknik Harapan Bersama," ujar Iin.

Di tempat yang sama, Agung Hendaro, S.E., M.A selaku Direktur Politeknik Harapan Bersama mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk sinergitas positif yanh dibangun antata akademisi, pemerintahan hingga masyarakat dalam membangun segala bidang, baik ekonomi maupun pariwisata.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata kolaborasi antar semua unsur, dari pemerintah, akademisi, dan juga masyarakat. Hal ini menjadi salah satu tujuan kami sebagai perguruan tinggi agar memberi dampak peningkatan pembangunan di segala bidang termasuk ekonomi dan pariwisata khususnya di wilayah Tegal dan sekitarnya," ungkap Agung Hendaro.

Baca Juga: Warganet Gemas Lihat Foto Roti Tawar Ini, Ada Apa?

Diketahui Tegalan Batik Festival 2022 diikuti oleh 71 peserta lomba mewarnai, 47 peserta fashion show, 21 peserta lomba menggambar, 7 peserta video kreatif, serta 39 stand Batik dan UMKM dibuka langsung oleh Bupati Tegal, Dra. Hj. Umi Azizah. Dalam sambutannya Bupati Tegal mengatakan bahwa potensi batik tegalan ini sangat luar biasa, motif dari batik tegal sangat banyak dan beragam tidak kalah dengan batik-batik daerah lain, sehingga sudah sepatutnya kita terus mengenalkan dan mendorong batik tegalan ini agar semakin dicintai oleh semua masyarakat, salah satunya dengan cara memakai batik tegalan untuk seragam kerja misalkan, dan kegiatan Tegalan Batik Festival ini sebagai upaya kita agar semakin viral batik tegalan, warisan budaya lokal yang kita miliki.

“Peserta lomba dari usia TK, SD, SMP, SMA dan Umum. Panitia penyelenggara menyediakan hadiah jutaan rupiah yang diwujudkan dalam bentuk uang tunai, trofi serta bingkisan bagi para peserta yang dinobatkan sebagai juara I, II, dan III serta juara harapan I, II, III dan favorit dari setiap kategori yang dilombakan,” ungkap Adi Kuntoro selaku panitia.***

Halaman:

Editor: Abdul Kadir

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Potret Ilustrasi Panggung Megah Naraya Fest 2022

Rabu, 30 November 2022 | 22:10 WIB
X