Filosofi Logo Hari Guru Tahun 2022 Kementerian Agama Republik Indonesia

- Senin, 5 Desember 2022 | 14:01 WIB
Gambar Berinovasi Mendidik Generasi pada Logo HGN 2022 (Kemenag RI)
Gambar Berinovasi Mendidik Generasi pada Logo HGN 2022 (Kemenag RI)

PANTURA TALK - Setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional (HGN). Hari Guru Nasional ditetapkan Presiden Soeharto pada tanggal 25 November 1994, melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional.

Dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional 2022, Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia secara resmi telah menetapkan tema dan logo Hari Guru Nasional 2022

Logo dan tema Hari Guru Nasional Kementerian Agama 2022 adalah “Berinovasi Mendidik Generasi”. Dilansir dari laman Instagram resmi Direktorat Guru & Tenaga Kependidikan Kementerian Agama RI, berikut penjelasan tentang Filosofi logo dan tema Hari Guru Nasional Kemenag 2022.

Berinovasi Mendidik Generasi

Berinovasi adalah keluwesan dalam menyikapi atau menghadapi kondisi tertentu, menyelaraskan teks tanpa meninggalkan esensi. Pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia menyebabkan hampir seluruh sektor terkena dampak, tidak terkecuali dunia pendidikan. Sementara proses pendidikan harus tetap berjalan untuk memastikan bahwa para generasi unggul bangsa Indonesia harus tetap terpenuhi haknya dengan mendapatkan pendidikan terbaik. Tenaga pendidik dituntut untuk mampu memberi dan menjadi solusi dengan melakukan inovasi, karena inovasi adalah sebuah kebutuhan dan keharusan di era kebiasaan baru.

Mendidik generasi adalah tanggung jawab bersama yang berkesinambungan untuk mempersiapkan SDM unggul di masa mendatang. Tidak hanya memahami dan menguasai pengetahuan, melainkan harus diimbangi dengan implementasi nyata yang berjualan beriringan dengan etika. Karena inti dari pendidikan adalah mewujudkan generasi unggul dengan pengetahuan yang beretika.

Bunga Tulip

Simbol kasih sayang yang tak terhingga, mempresentasikan kasih sayang guru yang mendalam kepada muridnya.

Matahari

Melambangkan cahaya atau ilmu, bahwa seorang guru madrasah harus memiliki ilmu yang luas dan dalam. Ilmu adalah cahaya.

Pendidik

Pendidik yang terdiri dari Guru dan Tenaga Kependidikan, secara ikhlas mendidik untuk melahirkan generasi-generasi yang unggul, cerdas, dan berprestasi.

Pena

Melambangkan krativitas guru madrasah yang mampu memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan pendidikan.

Halaman:

Editor: Firdaus Buchori

Tags

Terkini

Sastrawan Legenda Remy Sylado Meninggal Dunia

Senin, 12 Desember 2022 | 13:44 WIB
X